Membaca berbagai "buku" tentang mangrove

on Wednesday, December 1, 2010


Membaca adalah suatu cara untuk mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis. Membaca melibatkan pengenalan simbol yang menyusun sebuah bahasa. Membaca dan mendengar adalah 2 cara paling umum untuk mendapatkan informasi. Informasi yang didapat dari membaca dapat termasuk hiburan, khususnya saat membaca cerita fiksi atau humor.

Sebagian besar kegiatan membaca sebagian besar dilakukan dari kertas. Batu atau kapur di sebuah papan tulis bisa juga dibaca. Tampilan komputer dapat pula dibaca. Pembaca mangroveblog sekalian, untuk belajar tentang mangrove, anda juga perlu membaca, selain berdiskusi dengan para penggiat mangrove. Beberapa buku tentang mangrove dapat anda unduh dengan gratis melalui internet. Misalkan saja Mangrove Guidebook for Southeast Asia, yang diterbitkan FAO, yang bisa anda unduh disini, atau ada "pecahannya" yang bisa diunduh melalui ftp disini. Namun bagi anda yang merasa tidak memerlukan informasi di tingkat asia tenggara, maka anda dapat memilih buku terbitan Wetlands Indonesia tentang Panduan pengenalan mangrove di Indonesia (2006) disini. Atau anda lebih tertarik untuk mencari pengetahuan seputar olahan berbahan baku mangrove yang diterbitkan oleh Mangrove Action Project, Cooking with Mangrove disini, atau yang file pdf aslinya terbitan dari Yayasan Mangrove Indonesia disini. Bilamana lebih berminat pada sisi penghutanan mangrove, silvofishery dan beragam tetek bengeknya, worldagroforestrycentre, memberikan buku pdf berbahasa Indonesia, sebuah kompilasi abstrak agroforestry di Indonesia, disini. Global Nature Fund, tahun 2007, juga mengeluarkan Mangrove Rehabilitation Guidebook, post Tsunami Restoration of Mangroves, Education & Reestablishment of Livelihoods in Sri Lanka, yang dapat anda unduh disini.


Dari website Mangrove Action Project, kita dapat mengunduh buku-buku mengenai penggunaan bahan baku untuk berbagai bangunan di kawasan mangrove yang relatf ramah lingkungan, berikut teknik mengawetkannya, sebagai sebuah hasil pengalaman project mereka di Sulawesi disini dan disini.

Bahan menarik buat kalangan akademik yang berminat terhadap mangrove, dapat diunduh disini, tentang Biodiversitas Genetik, Spesies dan Ekosistem Mangrove di Jawa, yang diterbitkan oleh Jurusan FMIPA, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2002, sebagai peuntun praktikum analisis vegetasi di kawasan ekosistem mangrove.



Anda juga dapat menikmati dua karya mini biografi dari, Soni Mohson, salah satu pionir dalam konservasi mangrove di pantai timur Surabaya, dalam bentuk pdf, yang berjudul Tak Kenal menyerah disini atau atau Aku, anugerah dan Mangrove disini

Ada lagi satu buku yang cukup menarik, dari Six Senses Resorts & Spas, sebuah konsorsium resort dan spa management, yang memiliki jaringan cukup luas mulai dari Maldive, Thailand, Vietnam, Oman, Jordan, dan Spanyol. Tentang bagaimana bisnis ekoturisme yang berwawasan lingkungan disini. Mereka mengambil judul unik, The little green book.

Lebih menarik lagi, ada sebuah ilustrasi dalam bentuk animasi tentang proses kehidupan yang terjadi di ekosistem mangrove, yang sepertinya sangat berguna untuk penyuluhan kepada usia sekolah, disini. Bilamana untuk usia pra sekolah, bahan untuk kegiatan pengenalan mangrove, yakni dengan mewarnai berbagai species mangrove, disediakan oleh mangroveactionproject, dengan ijin dari JICA, disini. Delapan gambar hitam putih dari species Xilocarpus granatum, Sonneratia alba, Rhizopora mucronata, Rhizopora apiculata, Ceriops tagal, Brugueira gymnorrhiza, Avicennia marina, Aegiceras corniculatum, dapat menjadi bahan ampuh untuk penyuluhan mengenai mangrove sampai ke tingkat taman kanak-kanak.

Sumber Pustaka
Friendsofmangrove, Mangroveactionproject, Worldagroforestrycentre, FAO, Globalnature, Oneocean, Sixsenses

1 komentar:

Unknown said...

saya punya buku cetaknya Panduan Pengenalan Mangrove di Indonesia.
mau saya jual
cp 081578830445

Post a Comment

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Locations of visitors to this page