Hari Kemerdekaan, EMP Tanam Seribu Mangrove

on Wednesday, August 19, 2015

SUNGAI APIT (RIAUPOS.CO) - Berbagai cara yang dilakukan oleh warga, perusahaan, organisasi dan pemerintah dalam merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-70. Ada yang menggelar pesta rakyat, pertandingan olahraga, dan lainnya. Namun, lain halnya dengan EMP Malacca Strait SA.

Perayaan hari kemerdekaan dirayakannya dengan melakukan penanaman seribu mangrove di pantai Mengkapan, Kecamatan Sungaiapit, Senin (17/8). Penanaman itu diikuti dari 200 orang, termasuk Manajemen EMP MSSA, Pemerintah Desa Mengkapan, LSM dan puluhan anak-anak, muda-mudi dan masyarakat sekitar.


Operasional Area Manajer EMP MSSA Sutedja E Saputra, mengatakan kegiatan penanaman mangrove ini merupakan kerja sama antara EMP MSSA dengan masyarakat Kampung Mengkapan. ‘’Kegiatan ini merupakan komitmen dari EMP untuk terus melakukan penanaman baik tanaman darat maupun tanaman laut,’’ ujar Sutedja.

Sejak pertengahan tahun 1980-an sampai hari ini sudah hampir 900 ribu batang mangrove yang ditanam di Pulau Padang. Di masa yang akan datang, pihaknya berupaya agar target penanaman 1 juta pohon terlaksana.

‘’Kita juga berharap ekowisata mangrove ini dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat melalui penjualan cendera mata, makanan dan minuman, serta retribusi parkir,’’ tuturnya.

Kepala Kampung Mengkapan Nawawi, mengungkapkan rasa senang adanya kerja sama antara masyarakat Mengkapan dengan EMP MSSA untuk melestarikan tanaman mangrove ini. Ia berharap, kerja sama tersebut terus terjalin dengan baik.

Berbeda dari acara penanaman mangrove sebelumnya, kali ini EMP MSSA menggunakan tema ‘’Kami Cinta Menanam Mangrove’’ serta ‘’Ekowisata Mangrove’’ untuk menandai kegiatan cinta lingkungan ini.

Selain Operasional Area Manajer EMP MSSA Sutedja E Saputra dan Kepala Desa Mengkapan Nawawi, hadir pula Ketua Kelompok Mangrove Mengkapan Masdar, puluhan pekerja EMP MSSA, warga Desa Mengkapan, sejumlah mahasiswa KKN dari UIN dan siswa SDN 08 Mengkapan.

Kepala Departemen Komunikasi EMP Dahrul Hidayat, mengatakan sejak tahun 1990 hingga 2014, EMP MSSA melakukan penanaman mangrove sebanyak puluhan juta bibit di sekitar wilayah operasi.

Wilayah penanaman tersebut meliputi Selat Lalang di sisi Pulau Sumatera, Selat Lalang di sisi Pulau Padang, area sebelah timur Pulau Padang, dan sebelah utara Pulau Tebing Tinggi.

Dahrul memerinci, Selat Lalang di sisi Pulau Sumatera telah ditanam sebanyak kurang lebih 10 juta bibit. Wilayah itu meliputi Pantai Kayu Ara, Pantai Lalang, Pantai Mengkapan, Pantai Tanjung Buton dan Sungai Rawa.

Penanaman di Selat Lalang di sisi selatan Pulau Padang telah ditanam sebanyak 530.283 bibit. Area tersebut mencakup Pantai Tanjung Dingkul, Pantai Kurau, Pantai Lukit dan Pantai Tanjung Mayung.

Sedangkan penanaman di sebelah timur Pulau Padang sebanyak 167.085 bibit. Meliputi Pantai Melibur dan Pantai Teluk Belitung. ‘’Adapun di sebelah utara Pulau Tebing Tinggi juga telah ditanam sebanyak 40.250 bibit mangrove, yang terfokus di Pantai Mengkikip,’’ jelasnya.


RIAU POS

0 komentar:

Post a Comment

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Locations of visitors to this page