Ranting IPNU-IPPNU Bakti Sosial Tanggulangi Erosi Laut

on Monday, February 27, 2017


Banyuwangi, - Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Pengantigan, Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi menggelar bakti sosial melalui aksi pungut sampah penanaman ratusan bibit pohon mangrove di bibir pantai Pulau Santen Karangrejo, Banyuwangi, Jawa Timur, Ahad (26/2).

Semula ketua PR IPNU Pengantigan Ali Murdani yang menggagas kegiatan tersebut berpikir bagaimana para pelajar NU berkontribusi untuk bangsa dan negara. Lantas diajaklah para pengurus IPNU-IPPNU setempat, juga komunitas pelajar di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kabupaten Banyuwangi.

"Saya tak menyangka aksi bakti sosial ini mendapatkan dukungan dari beberapa pelajar antarsekolah. Pun saya tak menyangka aksi kami didukung oleh organisasi-organisasi peduli lingkungan di daerah Banyuwangi," tutur Dani.

Ratusan pelajar yang hadir diberikan pembekalan materi-materi tentang kelestarian lingkungan dan kepemudaan. "Langkah nyata untuk mengedukasi teman-teman saya. Mereka semua diedukasi tentang pelestarian lingkungan, tata cara pengolahan sampah, manfaat penanaman mangrove dan peran pemuda untuk kemajuan bangsa baik konteks yang telah, sedang, dan akan datang," tutur Dani.

Sebagai tambahan, kata dia, pihaknya juga memberikan wadah aksi pentas seni di sela-sela acara. "Mereka yang hadir bebas untuk mengekspresikan bakat dan kemampuan diri. Mulai dari puisi, musikalisasi, dan orasi-orasi kepemudaan," kata Dani.

Menurutnya, langkah ini merupakan bukti bahwa pelajar mampu melakukan perubahan yang bisa dirasakan oleh warga langsung. "Sekecil apa pun hal positif terus akan kami galakkan. Saat ini saya melakukan aksi pungut sampah dan penanaman mangrove di bibir pantai untuk mencegah erosi pantai dan menjadi katalis tanah dari air laut. Ke depan kami akan melakukan hal-hal lain lebih kreatif yang membawa dampak signifikan bagi masyarakat langsung," pungkas nya.

Sebagai apresiasi hadir beberapa pengurus Pimpinan Cabang IPNU-IPPNU Banyuwangi, di antaranya Alkaisu Dana Habibi dari Departemen Kaderisasi, Direktur Student Crisis Center (SCC) Ibnu Tsani Rosyada, Corps Brigade Pembangunan (CBP) Hairul, dan Direktur Lembaga Pers M. Sholeh Kurniawan.

Juga turut gugur gunung ratusan pelajar dan komunitas peduli lingkungan. Diantaranya pelajar MAN 1 Banyuwangi, SMK 1 Srono, perwakilan pengurus PAC IPNU IPPNU Rogojampi, PAC IPNU IPPNU Banyuwangi dan Komunitas Banyuwangi bebas sampah.

Sebelum acara diakhiri seluruh peserta digiring untuk penanaman ratusan bibit mangrove di bibir pantai. Meski terik sengatan matahari sangat panas, ratusan pelajar yang hadir tidak patah arang untuk melanjutkan penanaman ratusan bibit mangrove.

Atas nama Direktur SCC PC IPNU Banyuwangi Ibnu Tsani Rosyada mengatakan sangat bahagia, ketika para pelajar dari berbagai sekolah berbaur, dan terlibat dalam kegiatan-kegiatan positif di daerahnya seperti tanam mangrove yang mereka lakukan hari.

"Mereka tidak belajar di kelas namun mereka telah menunjukkan bahwa mereka juga terlibat dalam usaha perubahan di negeri ini," tutur Ibnu.

"Semoga kegiatan semacam ini bisa memantik pelajar-pelajar yang lain untuk turut berbuat, turut memberikan apa yang mereka bisa lakukan untuk kepentingan  masyarakat," harap sarjana muda Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga, Surabaya.


NU ONLINE

0 komentar:

Post a Comment

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Locations of visitors to this page