Ratusan Santri Pesantren Zaha Genggong Tanam Mangrove

on Thursday, February 23, 2017

 
Probolinggo, -Sebagai upaya untuk bersama-sama mencegah abrasi pantai dan menjaga ekosistem hutan bakau, ratusan santri Pondok Pesantren Zainul Hasan (Zaha) Genggong Kecamatan Pajarakan kabupaten Probolinggo menanam seribu pohon mangrove di Pantai Bentar Desa Curahsawo Kecamatan Gending, Rabu (22/2).

Ratusan santri ini merupakan siswa kelas X dan XI SMK Zainul Hasan Genggong dari berbagai jurusan. Meskipun cahaya matahari cukup menyengat, tetapi mereka terlihat semangat dan gembira menanam pohon mangrove tersebut.

Pembina OSIS SMK Zainul Hasan Genggong Muhamad Ilyas mengungkapkan banyak manfaat yang bisa didapat dari menanam mangrove. Selain mencegah erosi dan abrasi pantai, mangrove bisa menjadi tempat hidup dan sumber makanan beberapa jenis satwa, sekaligus menstabilkan daerah pesisir. 

“Disamping itu, pertumbuhan mangrove ini juga dapat memperluas batas pantai. Jika dikembangkan bisa menjadi kawasan obyek wisata Pantai Bentar,” katanya.

Melalui kegiatan ini Ilyas ingin mengajarkan kepada anak didiknya tentang aplikasi pelajaran di sekolah secara langsung di lapangan. Sehingga diharapkan kegiatan ini bisa memberi edukasi kepada siswa, termasuk masyarakat sekitarnya untuk ikut berpartisipasi menjadi penyelamat lingkungan dan kerusakan ozon.

“Kami memberikan apresiasi kepada santri yang terlibat dalam kegiatan untuk menyelamatkan lapizan ozon dan lingkungan yang rusak parah. Sebenarnya mangrove disini sudah terjaga dengan baik. Namun ada beberapa yang rusak dan perlu ditanami lagi untuk memperkokoh kekuatan garis pantai,” tegasnya.

Sementara Khafsah, salah satu siswi SMK Zainul Hasan Genggong mengaku jika awalnya merasa sangat takut untuk turun ke pantai. Tetapi karena tidak bisa menanam jika tidak turun, maka diapun turun. Ternyata setelahnya dia merasa nyaman menanam pohon mangrove.

“Ini memang pengalaman pertama kalinya saya turun ke pantai dan menanam mangrove. Ternyata asyik juga sambil menanam mangrove untuk kelestarian dan mencegah abrasi pantai,” katanya.

NU ONLINE

0 komentar:

Post a Comment

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Locations of visitors to this page