Cegah Abrasi, JOB PPEJ Tanam 5.000 Mangrove di Tuban

on Monday, April 10, 2017


Tuban - Perusahaan Minyak dan Gas (Migas) Joint Operating Body Pertamina Petrohina East Java (JOB PPEJ) melaksanakan kegiatan menanam Mangrove. Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian lingkungan dan mencegah terjadinya abrasi serta penyelamatan ekosistem pesisir pantai di wilayah Kabupaten Tuban.

Pelaksanaan kegiatan tanam pohon secara simbolis dilakukan JOB PPEJ di kawasan pantai Mangrove Center Tuban, Desa Jenu, Kecamatan Jenu, Tuban. Kegiatan tanam pohon Mangrove itu diikuti oleh sejumlah kalangan masyarakat petani dan juga mengundang beberapa perusahaan yang ada di Kabupaten Tuban.

Sebagai komitmen untuk pelestarian lingkungan itu, pada tahun 2017 ini pihak JOB PPEJ melakukan penanaman sebanyak 5.000 bibit pohon Mangrove. Nantinya penanaman akan dilakukan menyebar di tiga titik pesisir pantai di Kecamatan Jenu dan pantai yang ada di Kecamatan Tambakboyo, Tuban.

"Ini merupakan kegiatan penanam tahun kedua. Untuk program tahun ini kita tanam 5.000 pohon Mangrove, dan ini jumlahnya naik dibandingkan tahun lalu yang kita tanam hanya 2.000 bibit," terang Nusdhi Septikaputra, Field Manager JOB PPEJ setelah melakukan kegiatan tanam bersama itu, Senin (10/4/2017).

Nusdhi menegaskan, sebagai upaya untuk penyelamatan lingkungan dan pencegahan terjadinya abrasi JOB PPEJ tidak hanya melakukan penanam saja. Melainkan perusahaan Migas tersebut berkomitmen untuk melakukan perawatan setelah dilakukan tanam untuk memastikan bahwa penanaman itu tidak sia-sia.

"Kegiatan menanam itu tidak menanam saja, tapi kita juga terus monitoring kelangsungan pohon yang kita tanam. Jangan sampai pohon yang kita tanam ini tidak dipelihara kan malah jadi sia-sia," tegasnya.

Penanaman pohon Mangrove tersebut diharapkan bisa memberikan manfaat terhadap lingkungan dan bisa menyelamatkan ekositem pantai di wilayah Kabupaten Tuban. Dengan adanya kerja sana antara JOB PPEJ dengan Mangrove Center Tuban itu bisa menjaga keseimbangan ekosistem abrasi pantai setengah hektar dan bisa menjadi pengembangan ekonomi.

Sementara itu, komitmen perusahaan JOB PPEJ untuk menjaga kelestarian lingkungan dengan melakukan tanam pohon itu sangat di apresiasi oleh Ali Masur, sebagai tokoh pecinta lingkungan Tuban dan pengelola dari Mangrove Center Tuban itu. Keberadaan JOB PPEJ dinilai telah berkomitmen ikut menjaga kelestarian lingkungan dengan melakukan tanam pohon.

"Tahun lalu sudah mulai menanam, tahun ini bisa dilanjutkan kembali dan ini sangat luar biasa. Dan yang terpenting adalah penanaman seperti ini bisa terus berkelanjutan," terang Ali Mansur, pengelola Mangrove Center Tuban yang pernah mendapatkan penghargaan Kalpataru itu.

Ali Mansur mengatakan, jika dalam melakukan kegiatan tanam tidak perlu memandang berapa jumlahnya pohon yang ditanam. Namun yang paling penting dalam kegiatan menjaga kelestarian lingkungan adalah keberhasilan dari kegiatan yang dilakukan dengan menanam tersebut yang kemudian bisa dirasakan dan bermanfaat bagi banyak orang.

"Jangan memandang jumlahnya, tapi yang penting adalah sering dirawat dan dilihat perkembangannya dari yang telah ditanam itu. Kita menanam seperti ini niatnya adalah sedekah bumi dan mengabdi pada lingkungan," tutur Ali Mansur.


BERITA JATIM

0 komentar:

Post a Comment

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Locations of visitors to this page