Delegasi Timor Leste Amati Pengelolaan Mangrove di Probolinggo

on Monday, May 29, 2017

Delegasi Pemerintah Timor Leste datangi Pantai Duta Probolinggo (Foto: M. Rofiq)

Probolinggo - Pemerintah Timor Leste mendatangi Pantai Duta di Desa Randutatah, Paiton, Kabupaten Probolinggo. Kedatangan delegasi negara tetangga itu bertujuan untuk melihat dari dekat pengelolaan konservasi mangrove yang dilakukan masyarakat setempat di kawasan wisata tersebut.

Delegasi Pemerintah Timor Leste dipimpin Director General of Forestry, Coffe and Industrial Plants, Manuel Mendez. Kedatangannya diterima oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo Rachmad Waluyo, Minggu (28/5/2017).

Mendez mengatakan bahwa kedatangannya sebanyak bersama tujuh orang bertujuan ingin mengetahui bagaimana pemerintah Indonesia khususnya Pemkab Probolinggo memotivasi masyarakat tentang kesadaran lingkungan.

"Kalau di Timor Leste kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sangat kurang. Bahkan mereka sangat acuh dan tidak mau tahu tentang lingkungannya. Oleh karenanya, kami ingin tahu apa saja yang dilakukan pemerintah di sini sehingga masyarakat ikut berperan aktif menjaga kelestarian lingkungan," kata Mendez.

Pengelola Pantai Duta, Abdul Aziz, mengungkapkan bahwa Pantai Duta awalnya tidak seperti sekarang ini. Ketika itu Pantai Duta tidak terawat dan kotor. Berangkat dari kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan, akhirnya dirinya melakukan penanaman mangrove.

"Setelah mangrove tumbuh, barulah datang CSR dari PJB Paiton yang mulai menanam pohon cemara laut. Dari situlah akhirnya keberadaan disini mulai berkembang hingga akhirnya bisa seperti sekarang," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, rombongan Pemerintah Timor Leste melihat-lihat dari dekat keberadaan mangrove center dan lokasi lingkungan Pantai Duta yang sudah tertata dengan baik melalui deratan mangrove dan cemara laut.

Detik

0 komentar:

Post a Comment

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Locations of visitors to this page