PMI Gencarkan Penanaman Mangrove

on Saturday, March 4, 2017

DEMAK – Seratusan sukarelawan dan aktivis Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Demak, kemarin, melakukan aksi penghijauan di sepanjang pesisir Pantai Wedung. Aksi penghijauan tersebut berupa penanaman mangrove di kawasan pantai, bibir sungai dan tanah timbul atau akresi di beberapa lokasi di Pantai Wedung. Pengurus PMI Cabang Demak, Daryanto mengatakan, gerakan yang melibatkan sejumlah elemen masyarakat tersebut untuk mempercepat langkah penyelamatan pantai dari abrasi. “Gerusan abrasi sangat ganas sehingga harus ada upaya penangkalan dengan cara yang alami, seperti penanaman mangrove,” katanya.
Di wilayah Wedung, lanjut Daryanto yang juga Kabag Humas Pemkab Demak itu, terdapat beberapa tanah timbul atau ekresi. Pada tanah baru tersebut langsung dilakukan penyelamatan dengan ditanami mangrove.” Karena tanaman mangrove ini akan menjadi benteng dari keganasan ombak laut,” ujarnya. Dia menuturkan, penanaman mangrove tersebut merupakan program PMI Demak bekerja sama dengan American Red Cross (Amcross), dalam rangka menyelamatkan daerah pesisir dari abrasi. Pihaknya menargetkan dapat menanam sedikitnya 60.000 pohon mangrove. “Kegiatan ini akan kami lakukan secara berkelanjutan, termasuk ikut memantau perkembangan mangrove yang telah ditanam,” terangnya.
Kawasan pesisir Demak dari Sayung hingga Wedung, imbuh aktivis PMI Demak, Didit Ariyanto, mengalami perubahan sejak terdapat reklamasi pantai di wilayah Kota Semarang. Dampak kerusakan pantai terparah terjadi di kawasan pesisir Sayung. Ribuan hektare tambak di daerah itu hilang tergerus abrasi. Akan tetapi, belakangan ini gempuran abrasi mulai berkurang setelah terdapat hutan mangrove.
Di pesisir Karangtengah, Bonang dan Wedung juga mengalami ancaman serupa. Dengan demikian, perlu dilakukan gerakan penyelamatan, baik dengan cara membuat tanggul, pemecah ombak dan penanaman mangrove. “PMI akan terus memprogramkan gerakan penyelamatan alam dengan melibatkan sejumlah pihak, baik pemerintah, masyarakat maupun LSM dari dalam dan luar negeri,” katanya.

SUARA MERDEKA

0 komentar:

Post a Comment

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Locations of visitors to this page