Sharp Greenerator Kukuhkan Generasi Kedua

on Thursday, March 2, 2017


Anggota baru Sharp Greenerator foto bersama saat menggelar acara Boot Camp  dan menanam 100 pohon mangrove di Pulau Pari, Jakarta, beberapa waktu lalu.
JAKARTA  – Di 2017, Sharp Greenerator kembali mengu­kuh­kan anggota baru sebanyak 45 orang yang berasal dari siswa sekolah di wilayah Bogor dan sekitarnya. Rangkaian seleksi anggota baru telah berlangsung selama Januari 2017 dengan melakukan road show ke beberapa sekolah menengah umum di Kota Bogor.

Lebih dari 100 aplikasi pendaftaran yang masuk, tetapi hanya 40 siswa yang berhasil terpilih menjadi anggota Sharp Greenerator generasi kedua ini dan masuk kedalam kegiatan boot camp yang dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 25-26 Februari 2017. Ke 45 siswa ini lolos sesi penyaringan berdasarkan tulisan mereka mengenai motivasi dan pengetahuan dasar mengenai pelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati Indonesia.

Bertempat di kawasan Pusat Penelitian Oseanografi LIPI, Pulau Pari, Jakarta, keempat puluh lima anak ini mendapatkan pelatihan mengenai konservasi lingkungan dan keanekaragaman hayati dari yayasan nirlaba yang menjadi pendamping Sharp Greenerator dari awal berdiri yaitu Pusat Konservasi Tumbuhan–Kebun Raya Bogor (LIPI), Yayasan Transformasi Hijau, Yayasan Borneo Orang Utan Survival (BOS),  Yayasan Terumbu Karang Indonesia (TERANGI) dan World WildlifeFund  (WWF) Indonesia seperti monitoring terumbu karang dan ekosistem pesisir serta workshop pemanfaatan rumput laut dan cara pembuatan selai dari bahan dasar rumput laut yang didemokan oleh warga pulau hasil pendampingan Pusat Penelitian Oseanografi LIPI di Pulau Pari.

Guna meningkatkan kemampuan mereka menjadi generasi penerus yang memiliki visi dan misi yang kuat dalam mengkampanyekan pelestarian lingkungan, mereka pun ditantang untuk membuat rencana kegiatan selama satu tahun ke depan.
“Sebelumnya, mereka pun diharuskan mengikuti sesi visioning terlebih dahulu untuk menyatukan visi dan misi dari ke 45 anak ini agar selaras dengan visi dan misi yang dimiliki oleh Sharp Greenerator,’’ jelas  PR, CSR & Promotion Manager PT Sharp Electronics Indonesia, Pandu Setio di Jakarta, Rabu (1/3).

Melalui sesi visioning, lahirlah beberapa kegiatan yang akan siap dijalankan oleh Sharp Greenerator selama satu tahun ke depan. Selain itu dalam kegiatan ini Sharp Greenerator meluncurkan jargon yang siap digunakan dalam mengkampanyekan aksi-aksi mereka.

Jargon ‘Teenagers Save Nature’  dipilih karena dirasa mampu memiliki semangat dari  Sharp Greenerator yang beranggotakan para remaja yang memiliki visi dan misi untuk membuat perubahan demi lingkungan yang lebih baik dengan cara melakukan aksi nyata pelestarian lingkungan dan keanekaragam hayati Indonesia.

Tanpa menunggu waktu lama, di hari kedua pelaksanaan Boot Camp Sharp Gree­nerator Generasi kedua, me­re­ka langsung melakukan ak­si pertamanya dengan me­lakukan aksi bersih Pulau Pari sisi bagian barat, aksi ini berhasil mengumpulkan sampah anorganik yang terbawa arus laut  maupun sampah pengunjung seberat 95 kg, tidak hanya itu mereka pun menanam 100 pohon bakau (mangrove) berjenis Rhizophora spp sebagai salah satu upaya untuk melindungi pantai dari proses erosi atau abrasi, serta menahan atau menyerap tiupan angin kencang dari laut ke darat



0 komentar:

Post a Comment

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Locations of visitors to this page