Prajurit PASMAR-1 Mengikuti Sosialisasi Teknik Penanaman Mangrove

on Wednesday, May 20, 2015



Ekosistem mangrove merupakan komunitas tumbuhan pesisir yang memiliki manfaat sangat besar, antara lain sebagai daerah pemijahan jenis ikan tertentu, daerah asuhan ikan-ikan ekonomis penting, penyedia nutrien dan zat hara penting, serta fungsi fisik yang sangat besar seperti menjaga daerah pesisir dari abrasi dan gelombang besar dari laut.
Secara umum, kondisi mangrove di Indonesia sudah dalam tataran yang memprihatinkan, kondisi ini sebagian besar diakibatkan oleh penebangan mangrove untuk area pertambakan dan keperluan lainnya. Kerusakan-kerusakan ini pada dasarnya disebabkan ketidakpedulian sebagian masyarakat akan pentingnya ekosistem mangrove demi kelangsungan sumberdaya daerah pesisir. Pada umumnya mereka lebih mementingkan keuntungan sesaat tanpa memikirkan kelangsungan kelestarian alam.
Atas dasar tersebut diatas, maka dilakukanlah upaya penanaman untuk menjaga kelestarian dan menumbuh kembangkan rasa kepedulian masyarakat serta generasi muda tentang arti pentingnya ekosistem mangrove. Usaha penanaman ini akan dilakukan oleh prajurit Pasmar-1 Korps Marinir TNI Angkatan Laut yang bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Sidoarjo serta seluruh elemen masyarakat lainnya, sebelum melaksanakan penanaman Mangrove terlebih dahulu diadakan sosialisasi teknik penanaman Mangrove oleh Direktur Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo Dr. Endang Suhaedy, APi, MM, MSi, di Aula Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo, Selasa (190515).
Pada sosialisasi teknik penanaman Mangrove tersebut dihadiri oleh Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Kasirun Situmorang, Asintel Danpasmar-1 Letkol Marinir Supriyono, S.E dan Asrena Danpasmar-1 Letkol Marinir M. Hasintongan Silalahi, juga diikuti oleh para prajurit Korps Marinir dari Pasmar-1, TNI AD, Kepolisian, Instansi Pemerintah Daerah Sidoarjo,  LSM, Taruna Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo, Siswa-Siswi SMU, Karang Taruna setempat dan elemen masyarakat lainnya.
Sebelum dilaksanakannya sosialisasi tersebut, Direktur Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo menyampaikan selamat datang kepada para peserta yang mengikuti sosialisasi ini dan berharap kepada seluruh peserta agar menyimak apa yang disampaikan tentang fungsi dan teknik penanaman mangrove tersebut.
Sementara itu, Komandan Pasmar-1 dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih serta apresiasi yang tinggi kepada Direktur Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo yang telah berkenan memberikan pembekalan serta sosialisasi tentang fungsi dan teknik penanaman Mangrove kepada seluruh elemen masyarakat yang turut hadir khususnya kepada para prajurit Pasmar-1.
Setelah selesai sambutan dilanjutkan dengan pemberian cinderamata dari kedua belah pihak yaitu dari Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo dan Pasmar-1 dan dilanjutkan dengan pembekalan tentang sosialisasi teknik penanaman dan pemeliharaan Mangrove yang disampaikan oleh Direktur Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo Dr. Endang Suhaedy, APi, MM, MSi dan bapak Dr. Bambang Suprakto serta kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab dan foto bersama.
(Dispen Kormar)

0 komentar:

Post a Comment

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Locations of visitors to this page